Tak Boleh Sembarangan, Begini Cara Merawat Luka Diabetes yang Benar

Selamat datang Kaurama di Situs Kami!

Kaurama – Diabetes atau lebih dikenal dengan penyakit kencing manis merupakan penyakit kronis dimana kadar gula (glukosa) darah naik di bawah normal, terjadi secara berkala dan dapat disertai dengan berbagai gejala. Tak Boleh Sembarangan, Begini Cara Merawat Luka Diabetes yang Benar

Hingga saat ini, diabetes masih menjadi penyebab gaya hidup dan pola makan masyarakat Indonesia yang tidak sehat. Dr Ari Wibisono dari Siloam Hospitals Sp. . Berteman dengan Mantan Kekasih, Mengapa Sulit Dilakukan?

Gaya hidup dan konsumsi gula yang berlebihan, dikombinasikan dengan faktor risiko tersebut, dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi, sehingga kadar insulin tidak mencukupi untuk mengubah gula menjadi energi. Akibatnya menyebabkan pankreas yang merupakan sumber insulin bekerja lebih keras.

“Jika hal ini terus berlanjut dalam jangka waktu yang lama, pada kondisi tertentu pankreas akan mengalami keadaan ‘kelelahan’. Akibatnya insulin tidak bekerja maksimal dan terlalu banyak gula yang tidak terserap.” efek komplikasi terkait organ dalam tubuh, kata Ari Wibisono Sp.BP-RE, MD “Penderita diabetes harus berhati-hati agar tidak timbul luka terbuka di kulit, terutama di kaki,” ujarnya.

Ari Wibisono mengatakan, tukak diabetes merupakan luka terbuka yang mirip dengan yang terjadi pada telapak kaki penderita diabetes yang tidak terkontrol. Jika tidak mendapat pengobatan yang tepat, ulkus kaki diabetik dapat terinfeksi dan menyebabkan komplikasi serius yang mungkin memerlukan amputasi.

Kabar baiknya adalah, tergantung pada ukuran lukanya, tukak diabetes masih bisa dicegah. Dengan kontrol gula darah yang teratur dan gaya hidup sehat, tukak diabetes biasanya bisa diobati.

Menurut Ari, dokter spesialis bedah plastik rekonstruktif dan estetika, pengobatan tukak diabetik yang optimal dapat dicapai dengan berkonsultasi dengan dokter yang dapat menjelaskan luasan dan pengobatan tukak diabetik.

Secara umum terjadinya ulkus kaki pada pasien diabetes disebabkan karena kedua kaki sering digunakan untuk bergerak/bergerak. Disfungsi akibat kerusakan saraf tepi pada pasien diabetes menyebabkan sensasi nyeri pada kaki berkurang, sehingga jika terjadi cedera kaki berpotensi terjadi infeksi dan kondisinya semakin parah. Tak Boleh Sembarangan, Begini Cara Merawat Luka Diabetes yang Benar

“Perlu kita pahami bahwa dasar pengobatan sederhana penderita maag diabetes adalah dengan membersihkan luka, kemudian mengeringkan dan melembabkannya, untuk itu perawatan kuku, pembersihan dan penyemiran sepatu, sepatu dengan kaus kaki dimana-mana, pakaian ketat atau longgar,” ujar Ari Wibisono dihadapan 100 peserta.

“Mencegah lebih baik daripada mengobati pada diabetes. Periksa gula darah Anda dan ketahui kapan kadar gula darah Anda naik dan turun. Anda disarankan untuk makan makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur, serta menghindari merokok dan minum alkohol dalam batas yang sehat. Itu adalah gaya hidup.” , pungkas dr. Anda juga dapat mendownload aplikasi MySiloam dari Rumah Sakit Siloam Balikpapan, dari Ari Wibisono, Sp.BP-RE, Spesialis Bedah Plastik Rekonstruktif dan Estetika.