Perluas Akses, Kemenag Rilis Web Ramah Disabilitas di Hari Kemerdekaan

Selamat datang Kaurama di Website Kami!

JAKARTA – Ada yang baru di laman Kementerian Agama. Dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, Kementerian Agama menghadirkan layanan informasi bagi penyandang disabilitas. Perluas Akses, Kemenag Rilis Web Ramah Disabilitas di Hari Kemerdekaan

“Keterbukaan informasi merupakan kewajiban hukum dan hak seluruh warga negara, termasuk penyandang disabilitas. Dalam rangka HUT ke-78 ini, kami memperkenalkan fitur baru yang akan memudahkan penyandang disabilitas mengakses Kementerian Kesehatan. Pelayanan informasi “agama”, demikian penjelasan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas usai mendampingi dan membacakan doa peringatan dua detik kemerdekaan Indonesia di Gedung Negara Jakarta, Kamis, 17 Agustus 2023. Dukung GERMAS dan Kampanye Sekolah Sehat, Program Edukasi Anak Digelar

Menag menegaskan, para pegawainya masih berupaya memberikan pelayanan lebih kepada penyandang disabilitas. Misalnya, Kementerian Agama telah mendirikan beberapa madrasah yang menampung penyandang disabilitas. Selain itu, pada ibadah haji 1444 Hijriah/2023, Kemenag gencar menggalakkan semangat silaturahmi bagi lansia dan difabel.

Ia menjelaskan, “Kemenag baru-baru ini juga memperkenalkan Mushaf Al-Qur’an yang telah ditandatangani. Ini semua merupakan bagian dari komitmen Kemenag dalam meningkatkan kualitas pelayanan bagi penyandang disabilitas.”

Staf khusus Menteri Agama yang membidangi media dan komunikasi publik, Wibowo Prasetyo menambahkan, pihaknya sengaja memanfaatkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia untuk menyediakan layanan website bagi penyandang disabilitas. Menurutnya, HUT RI ke-78 memberikan pesan kemajuan yang berkelanjutan.

“Semangat itulah yang kami miliki dalam pengembangan situs tersebut. Dan oleh karena itu, sifat situs bagi penyandang disabilitas akan terus berkembang,” kata Wibowo.

Fitur aksesibilitas pada website ditunjukkan dengan simbol internasional berwarna biru atau simbol “Dapat Diakses Kursi Roda” pada jendela pop-up di sisi kiri website. Ada beberapa layanan yang ditawarkan dalam artikel ini, antara lain: layanan informasi suara, layanan perluasan dan kontraksi teks, serta layanan lain yang dirancang untuk membantu teman-teman penyandang disabilitas.

“Ada juga cara untuk mengubah tata letak website agar terlihat seperti film klise/buruk atau mode tontonan terbatas. Ini semua dirancang sebagai bagian dari upaya menyebarkan berita tentang Pelayanan Iman, sehingga teman-teman disabilitas juga dapat dengan mudah dilihat.” Perluas Akses, Kemenag Rilis Web Ramah Disabilitas di Hari Kemerdekaan

“Kami akan terus mengembangkannya berdasarkan kebutuhan dan masukan masyarakat,” ujarnya.

Ada banyak informasi di website Kementerian Agama. Selain berita, kolom dan opini, tersedia juga menu layanan keagamaan (Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Khonghucu), Pojok Gus Men, Hikmah, Tanya Jawab Fiqih, dengan layanan foto, video dan infografis. Banyak informasi penting dan petunjuk terkini juga tersedia di situs web ini. Tahun Baru Imlek, Menag mendoakan pembangunan negara, pemilu yang mudah, dan menyerukan penghormatan terhadap keberagaman. Konfusius di Tanah Air dan seluruh warga Kaurama 9 Februari 2024.