Negara Asia yang Paling Sering Tampil di Piala Dunia, Tanah Air Shin Tae-yong Terdepan

Sugeng rawuh Kaurama di Situs Kami!

Kaurama – Inilah daftar negara-negara Asia yang sering dan rutin mengikuti ajang Piala Dunia, dimana Korea Selatan menjadi peserta terbesar di benua kuning. Negara Asia yang Paling Sering Tampil di Piala Dunia, Tanah Air Shin Tae-yong Terdepan

Dalam waktu dekat, dunia sepak bola akan disibukkan dengan Piala Dunia. Ajang empat tahunan tahun 2022 ini akan diadakan di Asia, tepatnya di Qatar.

Jarang sekali Piala Dunia digelar di Asia. Peristiwa ini tercatat baru dua kali terjadi di benua kuning.

Selain Qatar yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022, acara empat tahunan ini juga diadakan di Asia pada tahun 2002 yang diselenggarakan bersama oleh Jepang dan Korea Selatan.

Tidak mengherankan jika jarang sekali negara-negara Asia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia. Dibandingkan benua lain, benua kuning bisa dikatakan “terbengkalai” dalam hal sepak bola.

Kalau bicara sepak bola, negara-negara Asia disebut-sebut “tertinggal” bukan hanya karena performanya, tapi juga karena infrastruktur dan fasilitas pendukungnya. Inter Miami dan Adidas Luncurkan Jersey Kandang dengan Sponsor Baru untuk Lionel Messi Cs

Namun banyak juga negara Asia yang berhasil lolos ke Piala Dunia bahkan mengalahkan negara-negara di kartu teratas.

Melihat sejarah Piala Dunia yang diselenggarakan sejak tahun 1930, negara-negara Asia manakah yang sering mengikuti organisasi yang diadakan empat tahun sekali ini?

Di bawah ini adalah daftar negara-negara Asia yang paling sering tampil di Piala Dunia.

1. Son Heung-min, penyerang timnas Korea Selatan. [JUNG YEON-JE / AFP]

Korea Selatan merupakan negara Asia yang sering menjadi langganan Piala Dunia. Ajang ini sudah 11 kali diikuti negara asuhan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 1954.

Korea Selatan tidak sendirian dalam berpartisipasi. Taeguk Warriors kembali membuat kejutan dengan mencapai babak semifinal Piala Dunia 2002 dan mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018.

2. Jepang Para pemain Jepang menyapa penggemarnya usai mengalahkan Vietnam di babak perempat final Piala Asia 2019, Kamis (24/1/2019) [AFP]

Jepang yang tak mau kalah dari negara tetangganya menjadi negara yang paling banyak berpartisipasi di Piala Dunia. Tercatat, tim Samurai Biru mengikuti ajang ini sebanyak 8 kali.

Berbeda dengan Korea Selatan, Jepang jarang melangkah jauh di Piala Dunia. Kesuksesan terbesar Samurai Biru tercatat saat lolos ke babak 16 besar.

3. Australia Para pemain Australia bergembira usai memenangi adu penalti pada laga play-off antar konfederasi Piala Dunia 2022 melawan Peru di Stadion Al-Rayyan Qatar, Selasa (14/6/2022). [KARIM KAFE/AFP]

Australia telah menjadi bagian dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) sejak 2013. Namun Socceroos sudah berpartisipasi di Piala Dunia jauh sebelum mereka menjadi bagian dari benua kuning.

Australia telah tampil di Piala Dunia sebanyak 6 kali sejak debutnya di Piala Dunia 1974. Kesuksesan terbaik Socceroos terjadi di babak 16 besar.

4. Iran Pelatih Iran Carlos Queiroz memberikan pengarahan kepada anak asuhnya saat latihan yang digelar di Arena Mordovia di Saransk, Rusia, Minggu, 24/6/2018, sebagai persiapan laga Grup B Piala Dunia 2018 melawan Portugal. [Jack GUEZ/AFP]

Dari kawasan Timur Tengah, ada Iran yang kerap mewakili Asia di Piala Dunia. Tim Melli telah membuat 6 penampilan sejak debutnya pada tahun 1978. Negara Asia yang Paling Sering Tampil di Piala Dunia, Tanah Air Shin Tae-yong Terdepan

Iran tidak pernah lolos dalam enam pertandingan Piala Dunia dan kemajuan mereka selalu terhenti di babak penyisihan grup.

5. Arab Saudi Pemain timnas Arab Saudi. [ABBAS MOMANI/AFP]

Tak hanya Iran, negara-negara Timur Tengah juga punya wakil yang kerap mengikuti Piala Dunia. Negara ini adalah Arab Saudi.

Arab Saudi telah tampil di Piala Dunia sebanyak 5 kali sejak debutnya pada tahun 1994. Kesuksesan terbesar The Green Falcons adalah mencapai babak 16 besar pada pertandingan pertamanya.

Dikontribusikan oleh: Felix Indra Jaya