Beras Langka di Indomaret-Alfamart, Bapanas Minta Waktu Penyaluran

Selamat datang Kaurama di Website Kami!

Jakarta – Beras Langka di Indomaret-Alfamart, Bapanas Minta Waktu Penyaluran

Badan Pangan Nasional (Bapanas) angkat bicara mengenai minimnya produk beras premium di pasar ritel. Ketua Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan, pihaknya meminta waktu untuk mendistribusikan beras ke pasar.

Menurut dia, Bulog telah menyiapkan puluhan ribu ton beras untuk didistribusikan ke pasar ritel tradisional dan modern. Bulog Sebut tak Ada Perubahan HET Meski Harga Beras Naik

“Tugas kita sekarang adalah memastikan bahwa kita mencapai titik penjualan baik di pasar modern maupun pasar tradisional. Berikan waktu sekarang untuk semua persiapan,” kata Arif dalam pertemuan yang digelar di Istana Kepresidenan, Senin (12/2/2024).

Arief menjelaskan, pasar beras induk di Cipinang saat ini memiliki stok sebanyak 34.000 ton. Presiden Joko Widodo (Joko Widodo) langsung memerintahkan pasokan membanjiri pasar.

“Saat ini persediaan Cipinang sedang tinggi, yakni di atas 34.000 ton. Ini perlu menjangkau tidak hanya pasar tradisional tapi juga pasar modern. Jadi sekarang saatnya membanjiri pasar lagi,” jelas Arief.

Seperti diketahui, kelangkaan stok beras premium masih terjadi di banyak pengecer daerah. Jika stok tersedia tetapi dalam jumlah sedikit, setiap orang hanya dapat membeli dua item per hari.

Penelusuran di detikcom menunjukkan, hal ini terjadi pada beberapa pengecer di Ciputat-Pamulang, Provinsi Tangsel, pagi ini, sebanyak empat pengecer mengalami pembatasan stok sehingga mengakibatkan kekurangan 2,5 hingga 5 kg beras.

Seperti yang terlihat di wilayah Alfamida, Seru dan Ciputat, persediaan beras terbatas. Kalau dilihat-lihat, merek berasnya hanya satu dan jumlahnya tidak banyak.

Karena jumlah yang terbatas, pengecer membatasi pembelian konsumen hingga dua unit atau 10kg per orang per hari.

Sayangnya, batasan pembelian beras premium maksimal dua kali per konsumen per hari. Beras Langka di Indomaret-Alfamart, Bapanas Minta Waktu Penyaluran

Beralih ke retail lain yang masih berada di kawasan Pamulang yaitu Indomaret. Stok beras di mini market kosong, yang ada hanya beras merah.

Menurut para pejabat, tidak ada pasokan beras selama seminggu. Kami tidak dapat memastikan kapan stok akan kembali tersedia. Dia menjelaskan, “Sudah seminggu kosong. Entah kapan (stok akan kembali).” (kilo/kilo)