6 Pelatih yang Berpeluang Gantikan Xavi Hernandez di Barcelona

Selamat datang Kaurama di Portal Ini!

Kaurama, Jakarta – Xavi Hernandez memutuskan mundur sebagai pelatih Barcelona pada akhir musim 2023-2024 atau Juni 2024. Lantas siapa pelatih penggantinya? 6 Pelatih yang Berpeluang Gantikan Xavi Hernandez di Barcelona

Musim 2023-2024 masih akan datang. Namun masa berlakunya sudah habis pada akhir Januari 2024, yang berarti Barcelona punya waktu 4 hingga 5 bulan untuk mencari pelatih baru. Tidak lama

Akan menjadi pekerjaan rumah bagi presiden John LaPorta dan manajemen Blaugrana untuk menemukan desain baru. Cepat atau lambat, Barcelona akan menghadapi transisi ini.

Sejak Xavi Hernandez mengumumkan pada 28 Januari 2024 akan hengkang dari Barcelona, ​​banyak beredar nama penggantinya. Bahkan, situasi tersebut juga terkait dengan situasi di Liverpool di mana Jurgen Klopp menyatakan akan hengkang pada akhir musim ini.

Baik secara keseluruhan atau tidak, hanya dua hari berlalu sejak Jurgen Klopp dan Xavi Hernandez mengumumkan masa depan mereka di klub masing-masing. Ada kabar yang menyebutkan Jurgen Klopp berencana melatih Barcelona. Ada hubungan antara berita Liverpool dan Barcelona.

Bahkan, Jurgen Klopp sudah menyatakan rencananya untuk rehat setelah musim berakhir. Artinya, pelatih asal Jerman tersebut tidak akan melatih tim tersebut. Namun, masyarakat masih percaya bahwa situasinya bisa berubah.

Rencana hengkangnya Xavi Hernandez di akhir musim juga menimbulkan kekhawatiran Pep Guardiola, pelatih Manchester City. Nama Pep Guardiola selalu muncul saat melatih Barcelona.

Pep Guardiola dan Barcelona memiliki hubungan yang erat karena pelatih Sant Peddor memiliki sejarah emas bersama klub Catalan tersebut. Selain itu, peran Pep Guardiola membuat Barcelona kembali mendominasi level domestik dan Eropa.

Nah, nama dua pelatih top dunia ini pasti bertolak belakang dengan isu keputusan Xavi Hernandez hengkang dari Barcelona. Meski demikian, jalan yang harus ditempuh kedua pelatih hebat ini untuk menjadi calon pelatih masa depan Barcelona masih panjang.

Namun, selain Jurgen Klopp dan Pep Guardiola, ada enam pelatih yang diyakini berpeluang melatih Barcelona di akhir musim ini. Berikut enam pelatih yang dikutip dari media Spanyol, As.com:

1. Emmanuel Alguacil

Imanol Alguacil punya peluang terbaik untuk mengambil alih Barcelona. Namun, semuanya bergantung pada kontraknya dengan manajemen Real Sociedad karena sang pelatih memiliki kontrak dengan klub yang akan habis pada Juni 2025. Giliran Australia Dibuat Kalah Menyakitkan Korea Selatan di Piala Asia 2023

Barcelona selalu tertarik pada pelatih dari tim yunior. Juga Emmanuel Alguacil.

Pria berusia 52 tahun ini memulai karir kepelatihannya di tim junior Real Sociedad dan kemudian Real Sociedad B sebelum ditunjuk sebagai pelatih klub pada tahun 2018.

Karier kepelatihannya terlihat mengantarkan Real Sociedad menjuarai Piala Raja 2019-2020. Dia memimpin Real Sociedad ke kualifikasi Eropa selama empat musim berturut-turut, termasuk penampilan pertama mereka di Liga Champions dalam 10 tahun.

Dia memimpin Real Sociedad meraih sembilan kemenangan beruntun sebelum rekor itu berakhir dengan kekalahan 1-0 dari Barcelona.

Jika Barcelona membutuhkan “Pelatih Profesional”, Immanuel Alguacil adalah pelatih yang tepat karena ia memulai karir kepelatihannya di tim yunior Sociedad.

Berikutnya: 4 kandidat lagi…

2.Michael

Nama tersebut kini tengah menyedot banyak peminat berkat keberhasilannya membawa Girona memuncaki klasemen La Liga 2023-2024. Michel menjadi salah satu faktor yang membuat Girona tetap bersaing di papan atas La Liga, bahkan melebihi Barcelona. Pelatih Girona, Michel. REUTERS/Albert Gea

Girona, tim yang bermarkas di Catalonia seperti Barcelona, ​​​​menjadi kebanggaan masyarakat Catalan setelah Barcelona saat ini sedang mengalami keterpurukan. Fakta menariknya, salah satu kekalahan yang dialami Barcelona musim ini di La Liga adalah saat melawan Girona.

Kini, Girona sudah mengumpulkan 55 poin atau lebih tinggi 11 poin dari Barcelona asuhan Xavi Hernandez di peringkat keempat.

3. Thiago Motta

Thiago Motta merupakan mantan pemain Barcelona yang saat ini melatih tim Liga Italia Bologna. Selama karir bermainnya, ia menjadi bagian dari tim Blaugrana yang memenangkan gelar La Liga 2004–2005 dan 2005–2006.

Thiago Motta memimpin Barcelona meraih gelar Liga Champions 2005-2006 di bawah asuhan Frank Rijkaard. Musim ini, Thiago Motta membawa Bologna meraih hasil bagus yang menempatkan tim di peringkat enam klasemen. Sejarahnya sebagai pemain Barcelona dan kemampuan kepelatihannya cukup menjadikannya calon pengganti Xavi Hernandez.

4.Rafael Marquez

Rafa Marquez pernah bersama Barcelona saat klub tersebut melalui dua pelatih sukses antara Frank Rijkaard dan Pep Guardiola. Bersama dua pelatih tersebut, ia meraih dua gelar Liga Champions dan empat gelar La Liga.

Jadi, seperti Xavi Hernandez, dia sangat memahami filosofi Barcelona. Hal inilah yang menjadi alasan Barcelona menunjuk pelatih Barcelona B pada Juli 2022.

Jika menukangi Barcelona musim depan, Rafael Marquez akan mengikuti jejak Pep Guardiola yang mengawali karier di Barcelona B. Berikutnya: Flick dan Arteta

5. Tertawa

Hansi Flick, 58, adalah pelatih yang juga masuk dalam daftar kemungkinan pekerjaan di Barcelona. Karier kepelatihan Hansi Flick antara lain pernah bekerja di klub-klub top Eropa seperti Bayern Munich dan timnas Jerman.

Karir bermainnya bersama timnas Jerman tidak bertahan lama, apalagi setelah penampilan Jerman di Piala Dunia 2022 gagal. Kekalahan melawan Jepang menjadi salah satu alasan pemecatan Hansi Flick. Lucu. REUTERS/Kai Pfaffenbach

Namun Hansi Flick sarat pengalaman, termasuk strategi penyerapan atau filosofi permainan saat menjadi asisten pelatih Giovanni Trapattoni di RB Salzburg.

Bersama Pep Guardiola, Hansi Flick adalah satu dari hanya dua manajer dalam sejarah sepak bola yang memenangkan enam treble atau enam trofi dalam satu musim.

6. Mikel Arteta

Mikel Arteta adalah pelatih Spanyol, dan akan mudah baginya jika menjadi pelatih Barcelona. Ia juga tercatat sebagai salah satu lulusan Akademi Sepak Bola Barcelona.

Namun, ia hanya bermain untuk Barcelona B dalam kariernya. Meski demikian, Mikel Arteta memiliki filosofi sepak bola yang ia petik dari Pep Guardiola saat menjadi asisten manajer di Manchester City. Pelatih Arsenal Mikel Arteta. REUTERS/David Klein

Namun, Mikel Arteta enggan meninggalkan Arsenal untuk menjadi pelatih Barcelona.

Pelatih berusia 41 tahun itu menggambarkan kabar tersebut tidak benar. Tapi, masa depan sepakbola tentu bisa mengejutkan. Jadi, peluang Mikel Arteta berlatih di Barcelona masih terbuka tentunya.

AS | ESPN 6 Pelatih yang Berpeluang Gantikan Xavi Hernandez di Barcelona

Pilihan Editor: Daftar Top Skor Piala Asia AFC 2023: Son Heung-min Masih Punya Peluang

Ini kedua kalinya dalam sebulan tim Barcelona mencetak 3 gol di kandang dan kalah di Liga Spanyol. Baca selengkapnya

Lamin Yamal mencetak gol pembuka dan penutup Barcelona pada laga melawan Granada di Liga Spanyol. Baca selengkapnya

Barcelona hanya mampu bermain imbang 3-3 saat menjamu Granada pada laga pekan ke-24 Liga Spanyol. Baca selengkapnya

Tim Barcelona akan menjamu tim Granada pada laga pekan ke-24 Liga Spanyol. Marc-Andre ter Stegen dan Repinha bisa bermain. Baca selengkapnya

Beberapa manajer top diperkirakan akan menggantikan Xavi Hernandez, termasuk Jurgen Klopp, Hansi Flick, dan Antonio Conte. Ini jawaban Deco. Bacaan lengkap

Barcelona dilaporkan ingin mengontrak gelandang Juventus Adrien Rabiot dengan status bebas transfer di musim panas. Bacaan lengkap

Andres Iniesta sengaja berangkat ke Jepang dari Uni Emirat Arab untuk bertemu mantan rekan setimnya Lionel Messi, Jordi Alba, Luis Suarez, dan Sergio Busquets. Baca selengkapnya

Hansi Flick terpilih melatih timnas Jerman sebelum menjadi pelatih Barcelona sekitar tahun 2021. Baca selengkapnya

Antonio Conte, salah satu incaran kepelatihan Barcelona, ​​​​menganggur sejak hengkang dari Tottenham Hotspur pada akhir Maret 2023. Baca Selengkapnya

Barcelona masih berada dalam situasi finansial yang sangat sulit sehingga mereka memilih memboyong pemainnya dengan status bebas transfer. Baca selengkapnya