5 Negara Ini Miliki Zona Waktu Terbanyak, Indonesia?

Selamat datang Kaurama di Situs Kami!

Jakarta – Bumi melakukan satu kali rotasi penuh dalam 24 jam. Jadi para ilmuwan membagi zona waktu dunia menjadi 24 bagian. Terdapat garis imajiner yang membentuk Greenwich Mean Time (GMT) yang menjadi acuan zona waktu lain. 5 Negara Ini Miliki Zona Waktu Terbanyak, Indonesia?

Garis ini membagi dunia menjadi Timur dan Barat. Umumnya setiap negara dibagi menjadi tiga zona waktu. Misalnya Indonesia dibagi menjadi zona waktu WIB, WIT, dan WITA. AICIS 2024 Hasilkan Semarang Charter, Ini 9 Butir Pernyataan Pentingnya

Namun, nyatanya ada juga di dunia yang memiliki lebih dari tiga zona waktu. World Atlas melaporkan ada 5 negara dengan zona waktu terbanyak di dunia: 1. Prancis (13 zona waktu)

Prancis memiliki 13 zona waktu berbeda karena merupakan negara besar dengan banyak wilayah di dunia. Luasnya wilayah Perancis tidak lepas dari sejarah kolonialisme Perancis.

Pembagian pada masa kolonialisme menyisakan 13 zona waktu yang berbeda. Prancis memiliki tiga pulau di zona waktu UTC-10:00. Pulau ketiga ini merupakan wilayah terakhir di Prancis yang merayakan Tahun Baru. Rusia (11 zona waktu)

Rusia adalah negara terbesar di dunia, menempati 11,5% dari total wilayah dunia. Karena ukurannya yang besar, negara ini membagi wilayahnya menjadi 11 zona waktu berbeda untuk mengatur jam dan tanggal.

Setiap zona waktu Rusia berbeda satu sama lain dengan perbedaan waktu satu jam hingga lima jam. AS (11 zona waktu)

Selain Rusia, ada juga Amerika Serikat yang negaranya punya 11 zona waktu berbeda. Karena jarak antar daerah berbeda-beda, maka waktu yang ditunjukkan oleh jam akan berbeda di setiap tempat.

Amerika Serikat telah menduduki beberapa pulau, seperti Pulau Baker dan Pulau Howland yang terletak pada pukul UTC-12:00. Sementara itu, Pulau Wake berada pada UTC+12:00. Meski jaraknya cukup dekat, pantai-pantai AS terbagi menjadi empat zona waktu.4. Australia (9 zona waktu)

Negara terbesar ke-6 di dunia ini memiliki 9 zona waktu berbeda. Australia merupakan negara dengan zona waktu terbanyak di dunia. Wilayah Australia yang luas membagi Australia menjadi beberapa zona waktu. Zona yang terbagi antara UTC + 08:00 dan UTC + 10: 00.5 berfungsi di pantai Australia. Inggris Raya (9 zona waktu) 5 Negara Ini Miliki Zona Waktu Terbanyak, Indonesia?

Berikutnya adalah Inggris, negara dengan zona waktu terbanyak di dunia. Inggris adalah negara dengan 9 zona waktu berbeda. Diketahui bahwa Inggris adalah salah satu negara terbesar di dunia.

Karena adanya perbedaan wilayah geografis, maka perbedaan waktu pun berbeda-beda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Inilah 5 negara dengan zona waktu terbanyak di dunia. Saat istirahat, puluhan tentara Ukraina tewas oleh rudal anti-tank Rusia. Tentara Rusia menggunakan rudal anti-tank Kornet. Kaurama pada 12 Februari 2024