200 TB Rangers Siap Jalankan Magang Campus Leaders Program Batch 7 untuk Menekan TBC di 6 Provinsi

Selamat datang Kaurama di Situs Kami!

Jakarta – 200 mahasiswa terbaik yang lolos seleksi magang Program Pimpinan Kampus Angkatan 7 mengikuti pembukaan magang online (on-boarding) pada Senin, 7 Agustus 2023. 200 TB Rangers Siap Jalankan Magang Campus Leaders Program Batch 7 untuk Menekan TBC di 6 Provinsi

200 mahasiswa yang dikenal dengan sebutan TB Rangers ini akan magang selama satu semester di organisasi penanggulangan TBC di 6 provinsi yaitu Sumatera Utara, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan.

Program Magang Pimpinan Kampus Angkatan 7 merupakan salah satu implementasi Program Kolaborasi Nasional Multi-Stakeholder dan Multi-tahun untuk mempercepat eliminasi TBC di Indonesia sebelum tahun 2030. Heboh Mahasiswa IPB Kepanasan Ujian di Luar Ruangan, Netizen: Agak Aneh Yah

Seperti kita ketahui bersama, TBC di Indonesia masih menjadi penyakit paling berbahaya setelah Covid-19. Berdasarkan Global TB Report 2022, india merupakan negara kedua dengan jumlah kasus TBC tertinggi di dunia, setelah India. Diperkirakan terdapat 969.000 penderita tuberkulosis di Indonesia pada tahun 2021.

Program nasional kolaborasi multi-stakeholder dan multi-tahun untuk mempercepat eliminasi TBC di Indonesia sebelum tahun 2030 memiliki kemitraan dengan pendekatan hexa helix kepada para pemangku kepentingan. Kemitraan ini menjadi jembatan antara pemerintah, pelajar, masyarakat, organisasi bisnis dan media untuk bekerja sama mengakhiri tuberkulosis di Indonesia.

Pembukaan kursus dihadiri oleh Deputi Direktur Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia. kesehatan. Republik Indonesia, Direktur Program Studi dan Magang Mandiri Bersertifikat Kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Direktur Sinkronisasi Urusan Pemerintahan Daerah III Kementerian Dalam Negeri RI, Wakil Direktur Kesehatan pada Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Wakil Direktur Pendidikan dan Kebudayaan Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Ketua dan Pendiri Yayasan Bakrie Center, dan Direktur Eksekutif Yayasan Bakrie Center.

Selain itu hadir juga perwakilan organisasi mitra yang berperan sebagai pendamping untuk membantu mahasiswa, yaitu Yayasan Mentari Meraki Asa Sumut, Inisiatif Lampung Sehat, Konsorsium SR Penabulu Jawa Barat, Mentari Sehat Indonesia Jawa Tengah, Bhanu Yasa. Yayasan Sejahtera Jawa Timur, dan Yayasan Masyarakat Peduli TBC Sulawesi Selatan. Dalam program magang ini, mahasiswa yang dikenal dengan sebutan TB Rangers akan terjun langsung ke masyarakat untuk belajar dan meneliti guna mengetahui cara pencegahan dan pengendalian TBC.

“Salah satu tujuan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) adalah mencapai kesehatan seluruh masyarakat. Tuberkulosis merupakan ancaman yang tidak hanya mengancam kesehatan, tetapi juga ekonomi dan sosial. Saya meminta mahasiswa yang merupakan pendukung perubahan untuk bekerja. bersama-sama mencegah TBC dengan memberikan informasi yang akurat tentang TBC “Saya yakin dengan TB Rangers ini kita semua bisa melawan TBC,” Imran Pambudi, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan RI, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Sistem magang Program Pemimpin Kampus diidentifikasi mirip dengan program Studi dan Magang Independen Bersertifikat (MSIB). Perguruan tinggi dapat menyesuaikan hasil praktek mahasiswa sampai dengan 20 SKS (satuan semester). Hal tersebut dibenarkan oleh Wachyu Hari Haji, Direktur Program MSIB Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

“Kami berterima kasih kepada Yayasan Bakrie Center yang telah memulai program kemitraan untuk mengakhiri tuberkulosis. Program ini bekerja sama dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Program magang ini sangat baik dilakukan karena mahasiswa sekaligus belajar bagaimana kehidupan dan bagaimana mereka dapat menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi. mereka bertemu mereka di komunitas,” kata Wachyu.

Wakil Ketua Bidang Pendidikan KADIN Indonesia Heru Dewanto mengatakan KADIN Indonesia mendukung proyek tersebut. Magang Program Pimpinan Kampus 7 dinilai dapat mendorong generasi muda untuk ikut serta dalam perjuangan melawan tuberkulosis.

“KADIN Indonesia mengapresiasi program magang dan kemitraan ini. Kami berharap para mahasiswa yang mengikuti magang dapat menggali potensi dirinya dan lebih berkontribusi kepada masyarakat,” kata Heru dalam sambutannya.

TB Rangers akan melakukan magang mulai hari ini, 7 Agustus 2023 hingga Desember 2023. 200 TB Rangers yang terpilih sebagai Campus Leaders Program 7 magang tersebut berasal dari universitas yang berbeda. 12 diantaranya bekerjasama dengan BCF, Universitas Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Lampung, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Universitas Muhammadiyah Semarang, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Malang, Universitas Hasanudin dan STIK Tamalatea Makassar. . 200 TB Rangers Siap Jalankan Magang Campus Leaders Program Batch 7 untuk Menekan TBC di 6 Provinsi

“Proyek ini merupakan upaya global kami untuk mengakhiri TBC secara cepat dengan mengerahkan dukungan dari akademisi dan administrator untuk membantu membentuk dan memperkuat organisasi masyarakat sipil untuk mencapai tujuan pemberantasan TBC regional dan nasional,” kata Anindya Bakrie, Pendiri dan Ketua BCF.

Melalui dukungan mahasiswa pekerja dalam program magang, kami berharap dapat berkontribusi dalam upaya penemuan penyakit tuberkulosis guna mencapai tujuan nasional sebesar 90% pada tahun 2023. Dalam rangka memperingati 82 tahun, kelompok Bakrie memanjatkan doa dan doa. . Bertajuk Bersama Membangun Negeri di usia 82 tahun, Grup Bakrie menggelar acara doa dan syukuran di pemakaman H. Achmad Bakrie dan Roosniah Bakrie di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak. Kaurama 12 Februari 2024