Sale!

Islam Bajo (Agama Orang Laut)

Rp74.000 Rp59.200

Suku Bajo adalah suku bangsa Nusantara yang hidup di laut. Mereka membangun rumah-rumahnya di atas laut. Mereka dikenal orang-orang darat sebagai orang laut. Karena semenjak dahulu orang-orang Bajo kerap mengembara dengan perahu, populasi mereka pun tersebar di banyak perairan Nusantara.

 

Sebagaimana penduduk Jawa mempunyai agama Jawa dan penduduk Sunda mempunyai Sunda Wiwitan, orang-orang Bajo juga memiliki agama asli mereka sendiri. Mereka percaya kepada roh-roh nenek moyang penguasa lautan, yang mereka puja sedemikian takzimnya. Karena arus zaman ketika Islam sangat berkuasa di lautan, mereka pada akhirnya mengadopsi Islam. Jadilah agama mereka suatu perpaduan antara keyakinan asli mereka dengan Islam, layaknya Islam Kejawen di tanah Jawa.

 

Buku ini memaparkan apa dan bagaimana Islam Bajo, berikut tantangan yang dihadapi dari orang-orang luar yang mencoba menggugat keyakinan mereka. Ada upaya pemurnian keislaman masyarakat Bajo dari orang-orang Islam di daratan, juga pemerintah, yang menilai Islam Bajo sebagai Islam yang penuh bidah, takhayul, bahkan kemusyrikan.

love it, share it!

google pinterest

Ukuran           : 14 x 21 Cm

Halaman         : 277 hlm. (Bookpaper)

Cover              : SC, doft, spot uv.

Penerbit          : Javanica

ISBN               : 978-602-7102412

Genre             : Sosial Budaya

Harga             : Rp 74.000,- Rp59.200

 

 

In stock

SKU: 978-602-71024-1-2. Category: .

love it, share it

pinterest google

Reviews

There are no reviews yet.

Be the first to review “Islam Bajo (Agama Orang Laut)”